Pustakawan Bisa Belajar Dari Keteguhan JK ROWLING Dalam Menulis



Joanne Rowling alias J.K. ROWLING merupakan penulis fiksi Inggris yang paling kaya di jagat raya ini berkat serial novel fantasi Harry Potter ciptaannya. Perempuan yang hanya punya satu-satunya keahlian, yaitu bahasa Inggris, sanggup menyihir miliaran orang di dunia.

Tahukah Anda bahwa rahasia sukses menulis Rowling yang paling utama, sebagaimana diakuinya, ternyata sangat sederhana dan itu bisa dilakukan semua penulis, yaitu MENYEDIAKAN WAKTU KHUSUS untuk menulis!

Penulis kelahiran 31 Juli 1965 ini menggambarkan, menjadi sedemikian kejam kalau bicara soal bagaimana ia melindungi hari-hari menulisnya agar tidak menyerah pada permintaan tak berujung tentang pertemuan ‘penting’ dan ‘tertunda lama’ yang harus dilakukannya.


“Yang lucu adalah, meskipun menulis sudah merupakan pekerjaan saya selama beberapa tahun belakangan ini, tampaknya saya masih harus berjuang untuk waktu agar saya bisa tetap menulis. Beberapa orang tampaknya masih belum paham bahwa saya masih harus duduk tenang untuk menulis buku,” kata Rowling.

Sedemikian pentingnya keharusan menyediakan waktu khusus untuk menulis sampai-sampai Rowling menggambarkan dirinya harus selalu melindungi waktu yang tersedia untuk menulis sebagaimana legenda Naga Penjaga Berekor Duri Hongaria yang menjaga telur pertamanya dengan sangat hati-hati.

Apakah Anda punya waktu dan terlebih lagi menyediakan waktu khusus untuk menulis?

Penulis || PEPIH NUGRAHA, jurnalis Harian Kompas

0 comments:

Post a Comment

Sebelum anda memberi komentar, silahkan masuk dengan menggunakan akun google atau URL openID anda agar kami dapat lebih mudah membalas komentar anda, terimakasih.