Canda Ala Sufi

Judul      : Canda Ala Sufi 
Penulis   : Nurul Huda Kariem MR. 
Type      : PDF


Nashruddin adalah seorang filosof besar dimasanya, dia juga seorang ulama' dan sufi. Meskipun dituduh gila, tapi dia mampu menjadi orang terdekat, penasihat, dan penghibur raja. Berkat jasanya, beberapa beberapa perpustakaan dan ulama di masa itu berhasil diselamatkan dari amukan amarah dan penghancuran besar besaran yang dilakukan oleh penguasa.

Suatu hari, Nashruddin berdiri di mimbar; di depan massa, untuk memberikan nasihat. Dia berkata, "Tahukah kalian, apa yang akan saya katakan kepada kalian?" Orang-orang itu menjawab, "Tidak! Kami tidak tahu." Kemudian Nashruddin berkata kepada mereka, "Baiklah, kalau kalian tidak tahu... Tidak ada gunanya berbicara dengan orang-orang yang tidak tahu." Dia pun turun dan meninggalkan mereka. Beberapa hari kemudian, dia kembali dan berbicara pada mereka dengan pertanyaan sama, yang pernah dilontarkannya. Dia berkata,"Tahukah kalian, apa yang akan saya katakan kepada kalian?" Mereka menjawab, "Ya, kamitahu." Dia kemudian berkata, "Jika kalian sudah tahu apa yang akan saya sampaikan, saya tidak perlu lagi mengatakannya." Lalu, dia pun pergi meninggalkan mereka.
Orang-orang itu pun kebingungan; apa yang seharusnya mereka katakan untuk menjawab pertanyaan Nashruddin itu. Namun, mereka sepakat untuk pada kesempatan mendatang, jika Nashruddin melontarkan pertanyaaan serupa,sebagian di antara mereka akan menjawab ya dan sebagian lain akan menjawab tidak. Beberapa hari kemudian, Nashruddin kembali ke tempat itu dan berkata,"Tahukah kalian, apa yang akan saya katakan pada kalian? "Jawaban mereka pun beragam; sebagian berkata, "Ya, kami tahu," dan sebagian lagi mengatakan, "Tidak, kami tidak tahu." Nashruddin berkata kepada mereka, "Baik, sebagian di antara kalian sudah mengetahuinya dan sebagian lain tidak. Karena itu, saya berharap, yang tahu memberitahu yang tidak tahu." Lalu dia pun pergi meninggalkan mereka.

Ada yang mengira bahwa sufi jauh dari perbuatan bercanda? Oh tidak selamanya... karena sufi juga manusia dan dia juga butuh canda.


Silahkan Download Disini :

0 comments:

Post a Comment

Sebelum anda memberi komentar, silahkan masuk dengan menggunakan akun google atau URL openID anda agar kami dapat lebih mudah membalas komentar anda, terimakasih.

Free Backlinks