Puisi Ramadhan 1431 H.

Judul      : Puisi Ramadhan 1431 H.
Penulis   :
Okti Li
Type      : PDF


Apakah kita tahu curahan hati para Tenaga Kerja Indonesia di negeri Taiwan selama berpuasa? Baca Antologi Puisi Ramadhan 1431 H. oleh Komunitas Penulis Indonesia Taiwan yg diedit oleh Okti Li ini.

Intinya, para TKI Taiwan dari berbagai sektor yang saya rangkul dalam sebuah wadah sederhana (group di FB) mengadakan diskusi dan semacam komunitas kepenulisan dimana didalamnya kita saling berbagi dan saling mengoreksi. KOPIT (Komunitas Penulis Indonesia-Taiwan) adalah tempat sederhana para TKI Taiwan yang isinya mayoritas pembantu-pembantu yang pegangan dan jinjingannya Asus dan atau Acer (Ceileee… gayanya!) Gak dech, gak semua diperbolehkan punya laptop kok sama majikannya.

Puisi-puisi karya para Perawat dan Penata Laksana Rumah Tangga (serta ada juga Pelaut) di Taiwan ini merupakan jeritan hati sekaligus bentuk perjuangan untuk sekedar didengar dan diperhatikan, khususnya oleh para majikan, pemerintahan, dan segenap pemerhati sastra dunia. Mereka benar-benar mempunyai semangat juang yang menggelora dalam menceritakan bagaimana jiwa-jiwa mereka terpedaya di negeri Formosa. Mereka berbagi dan berteriak pada dunia dengan segala keterbatasan; waktu disela-sela penatnya rutinitas kerja; alat masih banyak yang menggunakan handphone bahkan ada juga secara manual menuliskannya di kertas biasa. Sangat menyentuh…


Puisi-puisi ini adalah jeritan hati sekaligus bentuk perjuangan dalam menyampaikan aspirasi, bahwa Tenaga Kerja Asing di Taiwan juga manusia yang beragama, mempunyai HAM yang secara nyata dilindungi oleh undang-undang, untuk didengar dan diperhatikan khusunya oleh para majikan, pemerintahan, dan segenap pemerhati sastra dunia.


Silahkan Download Disini :