Catatan Bangsa Yang Aneh

Judul      : Catatan Bangsa Yang Aneh
Penulis   : Khusni mustaqim
Type      : PDF


    Ebook ini memberikan sebuah cerminan nyataakan sebuah bangsa yang nampak mulai kehilangan jati dirinya, sebuah bangsa yang konon merupakan sebuah bangsa yang besar namun justru ingin menjadi seperti bangsa lain, sebuah bangsa yang sedangberada di tengah persimpangan jalan perubahan yang akan menentukan masa depan bangsa tersebut.

    Anda akan takjub sekali dengan gaya bahasa sang penulis diebook ini sngat menusuk begitu dalam, menggambarkan realita sosial dilingkungan masyarakat kita saat ini,
meski harus diakui juga memang kenyataannya demikian, inilah gambaran Indonesia, inilah gambaran bangsa kita, anda boleh setuju dengan pandangan penulis boleh juga tidak, karna itu adalah hak anda!.

Sedikit pengantar dari penulis :

Alkisah ada dua orang mahasiswa yang sedang sibuk belajar. Sebut saja Si Putih dan Si Hitam. Besok ujian akhir semester tetapi mereka belum belajar sama sekali. Malamnya mereka belajar mati-matian untuk mengahadapinya. Namun alangkah sialnya, malam itu tiba-tiba mati listrik. Kabel listrik di dekat rumah mereka putus tertimpa pohon.

Si Putih marah-marah tidak karuan. Dia menyalahkan segala sesuatu yang menyebabkan ini terjadi. Mulai dari PLN yang lama mengatasinya. Pemkot yang tidak mengantisipasi kejadian tersebut dan menebag pohonya terlebih dahulu. Menyalahkan dirinya sendiri karena tidak bisa memperbaiki kabel itu sendiri. Dan sebagainya. Malam itu dia sama sekali tidak bisa belajar . Tetapi apa yang dilakukan SI Hitam malam itu? Mudah saja. Dia menyalakan lilin.

***
Memang bukan matahari yang dapat menerangi seisi dunia. Namun lilin kecil sudah cukuplah untuk menghiasi kegelapan dengan cahaya. Daripada mengutuki kegelapan dan menunggu datangnya pagi, lebih baik menyalakan lilin untuk menghilangkan kegelapan.

Bagitu pula buku ini mungkin tidak akan dapat mengubah seisi dunia, namun saya harap buku ini dapat membantu mereka yang membacanya untuk mendapatkan pencerahan dan inspirasi.

Buku ini berisi tulisan-tulisan yang ada di benak saya ketika melihat fenomena-fenomena tertentu. Tulis tersebut saya bentuk menjadi semacam prosa, terkadang semacam monolog dalam diri.

Hanya saja dalam penulisannya mungkin bagi beberapa orang terkesan sedikit kasar dan menyinggung. Namun ini semua hanya agar kita dapat lebih memahami cara pikir yang berbeda dari yang selama ini kita lakukan.

Bagaimanapun juga penulis percaya bahwa segala macam keburukan adalah sebuah efek samping dari sebuah kebaikan. Tidak ada orang-orang yang benar-benar buruk dan tidak ada orang yang benar-benar baik. Segala macam keburukan yang terjadi merupakan ketidaksengajaan.

Karena itu penulis mencoba untuk mengajak para pembaca memahami cara berpikir yang cukup berbeda, dimana apa yang selama ini kita anggap baik sebenarnya tidaklah sepenuhnya baik dan apa yang kita anggap buruk sebenarnya tidak buruk sepenuhnya tergantung darimana kita memandangnya.

Hanya saja dalam buku ini penulis memberi sedikit penjelasan agar nantinya tidak terjadi kesalahpahaman antara penulis dan pembaca.

     Engkau lilin-lilin kecil
     sanggupkah kau mengganti
     sanggupkah kau memberi seberkas cahaya
     Engkau lilin-lilin kecil
     sanggupkah kau berpijar
     sanggupkah kau menyengat seisi dunia.


                                                                                                                        

(Chrisye)
Yogyakarta, Juli 2010

Penulis
Khusni Mustaqim


Penasaran...

Silahkan download disini :


0 comments:

Post a Comment

Sebelum anda memberi komentar, silahkan masuk dengan menggunakan akun google atau URL openID anda agar kami dapat lebih mudah membalas komentar anda, terimakasih.