Maya Misteri Dunia Dan Cinta


Judul     : Maya Misteri Dunia Dan Cinta
Penulis  : Jostein Gaarder
Type     : Digibook (exe)


Tahun 2000 memang masih dua tahun lagi. Tetapi banyak orang sudah berkumpul di Pulau Taveuni, Fiji. Pulau yang berjulukan date-line itu dipilih untuk menyaksikan pergantian millenium baru karena disanalah tahun baru akan terjadi lebih dulu dibanding belahan bumi yang lain. Dengan menaiki sebuah pesawat kotak korek api, Frank Andersen menuju Pulau itu. Disana, sudah ada penulis asal Inggris bernama John Spooke, pasangan suami-istri dari Spanyol Ana dan Jose, serta Laura, dan Bill yang perannya tidak terlalu signifikan.

Masih dengan teknik surat-menyurat, Gaarder berusaha untuk merangkum proses evolusi manusia dari sudut pandang ahli biologi evolusioner. Frank yang mempunyai profesi sama dengan Vera, mantan istrinya bercerita tentang perjalanan yang ia alami di Fiji. Surat yang disampaikan oleh Frank hanya dalam bentuk satu arah. Tidak seperti Dunia Sophie maupun Bibbi Bokken dimana tokohnya saling berkirim surat. Surat-surat yang ditulis Frank ini dinarasikan oleh John Spooke dengan catatan tambahan diakhir cerita.


Surat untuk Vera yang dikirimkan Frank berjumlah 343 halaman. Ia menceritakan perenungan-perenungannya mengenai alam semesta. Keindahan alam di Fiji serta banyaknya spesies-spesies yang ditemuinya semakin menguatkan pendapat Frank tentang evolusi. Agak jengkel kadang ketika Frank menunjuk seekor katak maupun berudu sebagai nenek moyang bangsa manusia. Frank seakan-akan berterimakasih kepada hewan-hewan tersebut karena telah menjadikannya seorang manusia.

Selain keindahan alam Fiji, ada hal lain yang menarik perhatian Frank yaitu Ana dan Jose. Pasangan dari Spanyol itu mengatakan sesuatu yang misterius. Dalam bahasa Spanyol mereka saling melontarkan kalimat-kalimat yang aneh namun penuh teka-teki. Frank yang mengerti bahasa Spanyol diam-diam menguping pembicaraan pasangan itu dan mencatatnya. Sesuatu mengenai Ana kembali membuat Frank penasaran. Ia merasa pernah bertemu dengan Ana. Ketika ia bertanya kepada Jose dan Ana, laki-laki itu marah sedangkan istrinya tertunduk diam.

Rasa frustasi Frank terhadap Ana membuatnya ingin minum minuman keras. Maka ketika ia sampai dikamarnya, ia bertemu seekor tokek yang ia namakan Gordon. Sesuai merk minuman itu. Percakapan imajiner antara Frank dan Gordon terjadi. Masih membahas tentang tujuan penciptaan alam semesta, Gordon terlihat menggurui Frank dan bersikap sok bijaksana. Percakapan ini ikut mendominasi isi surat Frank terhadap Vera.

Setelah perenungan yang panjang dalam isi surat itu, Jostein Gaarder memberikan kita kejutan sehingga memutarbalikkan fakta atas apa yang selama ini kita yakini. Melalui percakapan dengan Jose, Frank mulai percaya bahwa kejadian yang kita alami saat ini-lah yang memengaruhi kita dimasa lalu. Jose mengajak Frank untuk bermain dengan dongeng-dongeng mengenai Ana yang sangat mirip dengan lukisan terkenal karya Goja yang bernama Maya. Siapakah sebenarnya Ana yang mempunyai nama belakang Maya? Apakah ia adalah wanita yang hidup dua ratus tahun yang lalu?

Silahkan download disini :


0 comments:

Post a Comment

Sebelum anda memberi komentar, silahkan masuk dengan menggunakan akun google atau URL openID anda agar kami dapat lebih mudah membalas komentar anda, terimakasih.